1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) Untuk Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia.
Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna,
damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan
umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap
pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual dan
membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi
pekerti, dan moral. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan,
pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara individual maupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dim
iliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama
diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa
kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan
manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, santun, harmonis dan produktif,
baik personal maupun sosialdemi mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan
akhirat. Tuntutan visi
ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang
persekolahan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
1.
lebih menitik beratkan
pencapaian kompetensi secara utuh selain
penguasaaan materi;
2.
mengakomodasikan
keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia; dan
3.
memberikan kebebasan
yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan
program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan
ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam
diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman,
takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan,
khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti
itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang
muncul dalam pergaulan masyarakat baik
dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan
dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat
sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama
Islam.
Terkait dengan hal-hal tersebut, perlu
disusun Standar Kompetensi Mata Pelajaran (SKMP) Pendidikan Agama Islam (PAI)
yang harus dikuasai oleh lulusan SD/MI. SKMP ini selanjutnya dijadikan dasar
penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran PAI
di Sekolah/Madrasah tersebut.
1.2.
Tujuan
Pendidikan Agama Islam di
SD/MI bertujuan untuk
1.
menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT
demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat; dan
2.
mewujudkan manuasia
Indonesia yang taat beragama dan
berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, santun, berdisiplin,
bertoleransi (tasamuh), menjaga
keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya Islami dalam komunitas sekolah.
1.3.
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Al-Qur’an
2.
Aqidah;
3.
Akhlak;
4.
Fiqih; dan
5.
Sejarah Peradaban Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah
SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
1.4.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran PAI
SD/MI meliputi:
1.
Mampu melafalkan, membaca, menghafal, dan menyalin
surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
2. Mampu
memahami dan menunjukkan kebiasaan mengamalkan keimanan serta ibadah sesuai
dengan ajaran Agama Islam.
3. Mampu
membiasakan perilaku akhlak mulia kepada Allah SWT, sesama manusia, dan makhluk
lainnya.
4. Mampu
membiasakan hidup rukun dan damai intra umat dan antar umat beragama selaras
dengan wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
5. Memahami
Sirah Nabawiyah Nabi Muhammad SAW dan
mengambil pelajaran serta meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.
1.5.
Standar
Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
I (SATU)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1. Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat
pendek pilihan
|
1.1
Melafalkan 29 huruf hijaiyah sesuai makharijul
huruf
1.2
Melafalkan
Al Qur’an Surat
Al-Fatihah
1.3
Menghafal Al Qur’an Surat Al-Fatihah
|
||
Aqidah
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1 Menyebutkan enam
Rukun Iman
2.2 Menghafal enam
Rukun Iman
|
||
Akhlak
3. Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.1 Menirukan
doa sebelum dan sesudah belajar
3.2 Menghafal
doa sebelum dan sesudah belajar
3.3 Membiasakan doa
sebelum dan sesudah belajar
|
||
Fiqih
4.
Mengenal Rukun Islam
|
4.1. Menyebutkan 5 Rukun
Islam
4.2. Menghafal 5 Rukun Islam
4.3. Menyebutkan arti 5 Rukun Islam
|
||
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
I (SATU)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
5.
Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat pendek pilihan
|
5.1
Membaca 29 huruf
hijaiyah sesuai makharijul
huruf
5.2
Melafalkan Al Qur’an SuratAn-Naas
5.3
Menghafal Al Qur’an Surat An-Naas
|
||
Aqidah
6.
Mengenal dua kalimat syahadat
|
6.1
Melafalkan syahadat tauhid
dan syahadat rasul
6.2
Menghafal dua kalimat
syahadat
6.3
Menyebutkan arti dua kalimat
syahadat
|
||
Akhlak
7.
Membiasakan perilaku patuh kepada orangtua dan guru dalam
kehidupan sehari-hari
|
7.1
Menampilkan perilaku patuh
kepada orangtua
7.2
Menampilkan perilaku patuh
kepada guru
|
||
Fiqih
8.
Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
|
8.1
Menyebutkan arti bersuci
8.2
Menyebutkan macam-macam bersuci
8.3
Mempraktikkan tata cara bersuci
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
II (DUA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1.
Membaca dan menghafal Al- Qur’an surat pendek pilihan.
|
1.1
Membaca huruf hijaiyah bersambung dalam Al-Qur’an
dengan tepat dan benar
1.2
Melafalkan Al Qur’an Surat Al-Falaq dengan benar
1.3
Menghafal Al Qur’an Surat Al-Falaq dengan lancar
|
||
Aqidah
2. Mengenal asmaul husna
|
2.1 Melafalkan Asmaul Husna Ar-Rahman dan Ar-Rahim
2.2 Menyebutkan arti
Asmaul Husna Ar-Rahman dan Ar-Rahim
2.3 Menunjukkan contoh
sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim bagi Allah
|
||
Akhlak
3. Membiasakan perilaku kasih sayang
sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1. Menyebutkan contoh perilaku kasih sayang sesama teman
3.2. Menampilkan perilaku kasih sayang sesama teman
3.3. Membiasakan perilaku kasih sayang sesama teman dalam
kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
4.
Melakukan wudlu secara tertib
|
4.1
Menyebutkan tata cara berwudlu
4.2
Mempraktikkan tata cara berwudlu
4.3
Membiasakan wudlu secara tertib dan benar
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
II (DUA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Alqur’an
5. Membaca dan
menghafal Al-Qur’an Surat Al-Ikhlas
dan Al-Lahab
|
5.1
Membaca
huruf hijaiyah bersambung dalam Al
Qur’an dengan baik dan benar
5.2
Melafalkan
Al Qur’an Surat
Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan benar
5.3
Menulis ayat-ayat Al Qur’an Surat
Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan benar
5.4
Menghafal Al Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan
benar
|
||
Aqidah
6. Mengenal Asmaul Husna
|
6.1
Melafalkan Asmaul
Husnaal-Quddus (Maha Suci)
6.2
Menyebutkan arti Asmaul Husnaal-Quddus
6.3
Menunjukkan contoh Allah Maha al-Quddus
|
||
Akhlak
7. Membiasakan perilaku
hidup bersih dalam kehidupan
sehari-hari
|
7.1
Menyebutkan contoh perilaku hidup bersih
7.2
Membiasakan perilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
8.
Menghafal bacaan shalat
|
8.1
Melafalkan bacaan shalat
8.2
Menghafal bacaan shalat
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
III (TIGA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1. Membaca
dan menghafal Al- Qur’an Surat An-Nashr
|
1.1
Mengenal
tanda baca (harakat)
1.2
Membaca
kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
1.3
Menulis ayat-ayat Al Qur’an Surat An-Nashr dengan
benar
1.4
Menghafal
Al-Qur’an Surat An-Nashr dengan lancer
|
||
Aqidah
2.
Mengenal sifat wajib Allah
SWT
|
2.1
Menyebutkan sifat Allah qiyamuhu binafsihi dan wahdaniyat
2.2
Menjelaskan sifat Allah
qiyamuhu binafsihi dan
wahdaniyat
|
||
Akhlak
3. Membiasakan perilaku mandiri daqn percaya diri dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.1 Menampilkan
perilaku mandiri dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menampilkan
perilaku percaya diri dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
4.
Mempraktikkan shalat dengan tertib
|
4.1
Memperagakan shalat secara tertib
4.2
Mempraktikkan shalat secara benar
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
III (TIGA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
5.
Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat al Kafirun
|
5.1
Membaca
kalimat bersambung dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
5.2
Menulis ayat-ayat Al Qur’an Surat Al-Kafirun
dengan benar
5.3
Menghafal
Al-Qur’an Surat Al-Kafirun dengan lancar
|
||
Aqidah
6. Mengenal sifat waajib Allah SWT
|
6.1 Menyebutkan
sifat wajib Allah; Qudrah dn Iradah
6.2 Mengartikan
sifat mustahil Allah; Qudrah dn Iradah
|
||
Akhlak
7.
Membiasakan perilaku rajin dan disiplin dalam kehidupan
sehari-hari
|
7.1
Menampilkan perilaku rajin dalam belajar dan beribadah
dalam kehidupan sehari-hari
7.2
Menampilkan perilaku disiplin dalam belajar dan
beribadah dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
8. Melaksanakan shalat wajib
|
8.1
Mempraktikkan shalat wajib dengan tertib dan benar
8.2
Membiasakan shalat wajib tepat waktu
8.3 Mempraktikkan dzikir dan doa setelah shalat
|
||
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
IV (EMPAT)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1. Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat Al-Kautsar
dan Al-Ma’un
|
1.1 Membaca Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Ma’un
sesuai kaidah ilmu
tajwid;
1.2 Menulis ayat-ayat
Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Ma’un dengan
benar
1.3
Menghafal
Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Ma’un dengan lancar
|
||
Aqidah
2. Mengenal sifat Rasul
|
2.1
Menyebutkan sifat wajib Rasul
2.2
Menjelaskan sifat wajib Rasul
|
||
Akhlak
3. Membiasakan meneladani sifat Rasulullah
SAW.
|
3.1
Menyebutkan contoh perilaku shidiq, amanah, tabligh dan
fathonah
3.2
Menunjukkan perilaku shidiq, amanah, tabligh dan
fathonah
3.3
Membiasakan perilaku shidiq, amanah, tabligh dan
fathonah dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
Fiqih
4. Melaksanakan adzan dan iqamah
|
4.1
Melafalkan bacaan adzan dan iqamah dengan baik dan benar
4.2
Menghafal lafal adzan dan iqamah
4.3
Mempraktikkan adzan dan iqamah
|
||
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
IV (EMPAT)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
5. Membaca dan
menghafal Al-Qur’an surat Al-Quraisy dan surat Al-Fiil
|
5.1
Membaca Al-Qur’an surat Al-Quraisy
dan surat Al-Fiil sesuai kaidah
ilmu tajwid
5.2
Menulis ayat-ayat Al-Qur’an
surat Al-Quraisy dan Surat Al-Fiil dengan baik.
5.3
Menghafal Al-Qur’an surat Al-Quraisy dan surat Al-Fiil dengan lancar.
|
||
Aqidah
6. Mengenal malaikat
dan tugas-tugasnya
|
6.1
Menjelaskan pengertian
malaikat
6.2
Menyebutkan nama-nama
malaikat
6.3
Menyebutkan tugas-tugas
malaikat
|
||
Akhlak
7. Menghindari perilaku mengejek dan menghina dalam kehidupan sehari-hari
|
7.1
Menghindari perilaku mengejek teman
7.2
Menghindari perilaku menghina teman
7.3
Menunjukkan akibat perilaku mengejek dan menghina teman
|
||
Fiqih
8. Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
8.1
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
8.2
Menyebutkan rukun shalat
8.3
Menyebutkan sunnah shalat
8.4
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
|
||
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
V (LIMA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1. Membaca dan menghafal Al-Qur’an Surat Al-Humazah
dan Surat Al-Ashr
|
1.1
Membaca Al-Qur’an surat Al-Humazah
dan Surat Al-Ashr sesuai kaidah tajwid
1.2
Menulis Al-Qur’an surat Humazah
dan Al-Ashr dengan benar
1.3 Menghafal Al- surat Al-Humazah
dan Surat Al-Ashr dengan lancar.
|
||
Aqidah
2. Mengenal Kitab-Kitab Allah SWT
|
2.1
Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan rasul yang
menerimanya
2.2
Menjelaskan Al-Qur’an Sebagai kitab suci terakhir
2.3
Meyakini Al-Qur’an Sebagai pedoman hidup ummat Islam
|
||
Akhlak
3.
Membiasakan perilaku tolong-menolong pada kehidupan sehari-hari
|
3.1 Menunjukkan contoh perilaku tolong- menolong
3.2
Menampilkan
perilaku tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
4. Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan
|
4.1
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
4.2
Menjelaskan hikmah puasa Ramadhan
4.3
Mengamalkan puasa Ramadhan
|
||
Sejarah Peradaban Islam
5. Memahami Sirah Nabawiyah
|
5.1
Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
5.2
Menceritakan kisah masa kanak-kanak sampai masa remaja Nabi
Muhammad SAW
5.3
Meneladani Sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
V (LIMA)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
6. Membaca dan menghafal
Al-Qur’an surat Al-At-Takatsur
|
6.1 Membaca
Al- surat Al-At-Takatsur sesuai kaidah tajwid
6.2 Menulis
ayat-ayat Al-Qur’an surat At-Takatsur dengan benar
6.3Menghafal surat Al-At-Takatsur dengan lancar
|
||
Aqidah
7. Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT
|
7.1
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2
Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
Allah SWT
7.3
Membedakan Nabi dan Rasul Allah SWT
|
||
Akhlak
8. Membiasakan meneladani
sifat pengorbanan Nabi Ibrahi dan Nabi
Ismail dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Menjelaskan makna rela berkorban
8.2 Meneladani perilaku
rela berkorban Nabi Ibrahim As. dan Nabi Ismail As. dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
Fiqih
9. Melaksanakan amalan-amalan Ramadhan
|
9.1
Menyebutkan amalan-amalan di bulan Ramadhan
9.2
Melaksanakan shalat tarawih dan witir di bulan Ramadhan
9.3
Melaksanakan tadarus Al-Qur’an
|
||
Sejarah Peradaban Islam
10. Memahami Sirah Nabawiyah
|
10.1
Menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi
Rasul
10.2
Menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dari hijrah ke
Madinah sampai akhir hayat
10.3
Meneladani Sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW
|
||
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
VI (ENAM)
|
|
SEMESTER
|
:
|
1 (Satu)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
1. Memahami
Al-Qur’an ayat-ayat pilihan
|
1.1 Membaca Al-Qur’an Surat
Al-Alaq ayat 1-5 dan Al Isra’ ayat 23 dengan tajwid yang benar
1.2
Menulis Al-Qur’an Surat Al- Alaq ayat 1-5 dan Al Isra’ ayat 23 dengan benar
1.3 Menyebutkan arti Al-Qur’an Alaq ayat
1-5 dan Al
Isra’ ayat 23 dengan benar
|
||
Aqidah
2. Meyakini adanya Hari Akhir
|
2.1 Menyebutkan
nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan
tanda-tanda Hari Akhir
2.3 Menjelaskan
hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
||
Akhlak
3. Membiasakan
perilaku bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Menjelaskan
makna toleransi dalam kehidupan
3.2
Menunjukkan contoh perilaku toleran dalam kehidupan
3.3
Menampilkan sifat perilaku toleran dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
Fiqih
4. Melaksanakan zakat, infaq, dan shadaqah
|
4.1
Menyebutkan pengertian zakat, infaq, danshadaqah
4.2
Menjelaskan hikmah zakat, infaq, danshadaqah
4.3
Mempraktikkan zakat, infaq, dan shadaqah
|
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SD / MI
|
|
KELAS
|
:
|
VI (ENAM)
|
|
SEMESTER
|
:
|
2 (Dua)
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
Al-Qur’an
5. Memahami al-Qur’an ayat-ayat pilihan
|
5.1 Membaca Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 dan Surat
Al-Hujurat ayat 13 dengan tajwid
yang benar
5.2 Menyalin Al-Qur’an Surat
Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13dengan tajwid yang benar
5.3 Menyebutkan arti Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan benar
5.4 Membaca Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 dan
Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan tajwid
yang benar
5.5 Menyalin Al-Qur’an Surat
Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13dengan tajwid yang benar
5.6 Menyebutkan arti Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan benar
|
||
Aqidah
6. Meyakini adanya Qadha dan Qadar Allah SWT
|
6.1
Menunjukan contoh Qadha dan Qadar Allah SWT dalam
kehidupan sehari-hari
6.2 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar Allah SWT
|
||
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji dalam
kehidupan sehari-hari
|
7.1
Menjelaskan arti sikap simpati terhadap teman
7.2
Menunjukkan contoh perilaku simpati terhadap teman
7.3
Membiasakan perilaku simpati terhadap teman dalam
kehidupan sehari-hari
|
||
Fiqih
8. Memahami Ibadah haji dan umrah
|
8.1
Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
8.2 Memperagakan ibadah haji dan umrah
|
1.6. Pengembangan Pembelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran
(SKMP), standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) menjadi landasan,
arah dan acuan untuk mengembangkan pembelajaran berdasarkan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
Standar Isi dan standar kompetensi mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah/madrasah/pesantren dikembangkan lebih lanjut oleh
Kementerian Agama RI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar