Minggu, 18 November 2012

DRAF SK/KD PAI SD

Draf untuk kurukulum PAI SD adalah sebagai berikut :
1.       Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Sekolah Dasar (SD) /Madrasah Ibtidaiyah (MI)

1.1.          Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara individual maupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dim
iliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, santun, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosialdemi mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1.         lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaaan materi;
2.         mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia; dan
3.         memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
Terkait dengan hal-hal tersebut, perlu disusun Standar Kompetensi Mata Pelajaran (SKMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus dikuasai oleh lulusan SD/MI. SKMP ini selanjutnya dijadikan dasar penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran PAI di Sekolah/Madrasah tersebut.

1.2.          Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk
1.            menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat; dan
2.            mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, santun, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya Islami dalam komunitas sekolah.

1.3.          Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.            Al-Qur’an
2.            Aqidah;
3.            Akhlak;
4.            Fiqih; dan
5.            Sejarah Peradaban Islam.

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

1.4.          Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran PAI SD/MI meliputi:

1.      Mampu melafalkan, membaca, menghafal, dan menyalin surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.

2.      Mampu memahami dan menunjukkan kebiasaan mengamalkan keimanan serta ibadah sesuai dengan ajaran Agama Islam.
3.      Mampu membiasakan perilaku akhlak mulia kepada Allah SWT, sesama manusia, dan makhluk lainnya.
4.      Mampu membiasakan hidup rukun dan damai intra umat dan antar umat beragama selaras dengan wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
5.      Memahami Sirah Nabawiyah Nabi Muhammad SAW dan mengambil pelajaran serta meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.


1.5.          Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar


SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
I (SATU)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.    Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat pendek pilihan

1.1        Melafalkan 29 huruf hijaiyah sesuai makharijul huruf
1.2        Melafalkan Al Qur’an Surat Al-Fatihah
1.3        Menghafal Al Qur’an Surat Al-Fatihah
Aqidah
2.       Mengenal Rukun Iman

2.1     Menyebutkan enam Rukun Iman
2.2     Menghafal enam Rukun Iman
Akhlak
3.    Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar dalam kehidupan sehari-hari

3.1     Menirukan doa  sebelum dan sesudah belajar
3.2     Menghafal doa  sebelum dan sesudah belajar
3.3     Membiasakan doa sebelum dan sesudah belajar

Fiqih
4.       Mengenal Rukun Islam

4.1.      Menyebutkan 5 Rukun  Islam
4.2.      Menghafal 5 Rukun Islam
4.3.      Menyebutkan arti 5 Rukun Islam
SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
I (SATU)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
5.       Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat pendek pilihan

5.1        Membaca 29 huruf hijaiyah sesuai makharijul huruf
5.2       Melafalkan Al Qur’an SuratAn-Naas
5.3       Menghafal Al Qur’an Surat An-Naas
Aqidah
6.       Mengenal dua kalimat syahadat

6.1        Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
6.2        Menghafal dua kalimat syahadat
6.3        Menyebutkan arti dua kalimat syahadat
Akhlak
7.       Membiasakan perilaku patuh kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari


7.1        Menampilkan perilaku patuh kepada orangtua
7.2        Menampilkan perilaku patuh kepada guru

Fiqih
8.       Mengenal tatacara bersuci (thaharah)

8.1        Menyebutkan arti bersuci
8.2        Menyebutkan macam-macam bersuci
8.3        Mempraktikkan tata cara bersuci

SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
II (DUA)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.       Membaca dan menghafal Al- Qur’an surat pendek pilihan.

1.1        Membaca huruf hijaiyah bersambung dalam Al-Qur’an dengan tepat dan benar
1.2        Melafalkan Al Qur’an Surat Al-Falaq dengan benar
1.3        Menghafal Al Qur’an Surat Al-Falaq dengan lancar
Aqidah
2.       Mengenal asmaul husna

2.1     Melafalkan  Asmaul Husna Ar-Rahman dan Ar-Rahim
2.2     Menyebutkan arti Asmaul Husna Ar-Rahman dan Ar-Rahim
2.3     Menunjukkan contoh sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim bagi Allah
Akhlak
3.       Membiasakan perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari

3.1.      Menyebutkan contoh perilaku kasih sayang sesama teman
3.2.      Menampilkan perilaku kasih sayang sesama teman
3.3.      Membiasakan perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
4.       Melakukan wudlu secara tertib

4.1        Menyebutkan tata cara berwudlu
4.2        Mempraktikkan tata cara berwudlu
4.3        Membiasakan wudlu secara tertib dan benar

SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
II (DUA)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Alqur’an
5.       Membaca dan menghafal Al-Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab

5.1        Membaca huruf hijaiyah bersambung dalam Al Qur’an dengan baik dan benar
5.2        Melafalkan Al Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan benar
5.3        Menulis  ayat-ayat Al Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan benar
5.4        Menghafal Al Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan benar
Aqidah
6.       Mengenal Asmaul Husna

6.1        Melafalkan Asmaul Husnaal-Quddus  (Maha Suci)
6.2        Menyebutkan arti Asmaul Husnaal-Quddus 
6.3        Menunjukkan contoh Allah Maha al-Quddus 
Akhlak
7.       Membiasakan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari

7.1        Menyebutkan contoh perilaku hidup bersih
7.2        Membiasakan perilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
8.       Menghafal bacaan shalat

8.1        Melafalkan bacaan shalat
8.2        Menghafal bacaan shalat



SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
III (TIGA)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.    Membaca dan menghafal Al- Qur’an Surat An-Nashr


1.1        Mengenal tanda baca (harakat)
1.2        Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
1.3        Menulis  ayat-ayat Al Qur’an Surat An-Nashr dengan benar
1.4        Menghafal Al-Qur’an Surat An-Nashr dengan lancer
Aqidah
2.    Mengenal sifat wajib Allah SWT

2.1        Menyebutkan sifat Allah qiyamuhu binafsihi dan wahdaniyat           
2.2        Menjelaskan sifat Allah  qiyamuhu binafsihi dan wahdaniyat
Akhlak
3.    Membiasakan perilaku mandiri daqn percaya diri dalam kehidupan sehari-hari
     
3.1     Menampilkan perilaku mandiri dalam kehidupan sehari-hari
3.2     Menampilkan perilaku percaya diri dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
4.       Mempraktikkan shalat dengan tertib

4.1        Memperagakan shalat secara tertib
4.2        Mempraktikkan shalat secara benar



SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
III (TIGA)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
5.       Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat al Kafirun


5.1        Membaca kalimat bersambung dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
5.2        Menulis  ayat-ayat Al Qur’an Surat Al-Kafirun dengan benar
5.3        Menghafal Al-Qur’an Surat Al-Kafirun dengan lancar
Aqidah
6.       Mengenal sifat waajib  Allah SWT

6.1     Menyebutkan sifat wajib Allah; Qudrah dn Iradah
6.2     Mengartikan sifat mustahil Allah; Qudrah dn Iradah
Akhlak
7.       Membiasakan perilaku rajin dan disiplin dalam kehidupan  sehari-hari


7.1        Menampilkan perilaku rajin dalam belajar dan beribadah dalam kehidupan sehari-hari
7.2        Menampilkan perilaku disiplin dalam belajar dan beribadah dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
8.       Melaksanakan shalat wajib

8.1        Mempraktikkan shalat wajib dengan tertib dan benar
8.2        Membiasakan shalat wajib tepat waktu
8.3       Mempraktikkan dzikir dan doa setelah shalat

SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
IV (EMPAT)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.    Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Ma’un

1.1   Membaca  Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Maun   sesuai kaidah ilmu tajwid;
1.2   Menulis ayat-ayat Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Maun dengan benar
1.3        Menghafal Al-Qur’an surat Al-Kautsar dan Al-Maun dengan lancar
Aqidah
2.    Mengenal sifat Rasul

2.1        Menyebutkan sifat wajib Rasul
2.2        Menjelaskan sifat wajib Rasul
Akhlak
3.    Membiasakan meneladani sifat Rasulullah SAW.

3.1        Menyebutkan contoh perilaku shidiq, amanah, tabligh dan fathonah
3.2        Menunjukkan perilaku shidiq, amanah, tabligh dan fathonah
3.3        Membiasakan perilaku shidiq, amanah, tabligh dan fathonah dalam  kehidupan sehari-hari
Fiqih
4.    Melaksanakan adzan dan iqamah

4.1        Melafalkan bacaan adzan dan iqamah dengan baik dan benar
4.2        Menghafal lafal adzan dan iqamah
4.3        Mempraktikkan adzan dan iqamah
SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
IV (EMPAT)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
5.    Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat Al-Quraisy dan surat Al-Fiil

5.1          Membaca  Al-Qur’an surat  Al-Quraisy dan  surat Al-Fiil sesuai kaidah ilmu  tajwid
5.2          Menulis ayat-ayat Al-Qur’an surat Al-Quraisy dan Surat Al-Fiil dengan baik.
5.3          Menghafal Al-Qur’an surat Al-Quraisy dan surat Al-Fiil dengan lancar.

Aqidah
6.    Mengenal malaikat dan tugas-tugasnya

6.1        Menjelaskan pengertian malaikat
6.2        Menyebutkan nama-nama malaikat
6.3        Menyebutkan tugas-tugas malaikat
Akhlak
7.    Menghindari perilaku mengejek dan menghina  dalam kehidupan sehari-hari

7.1        Menghindari perilaku mengejek teman
7.2        Menghindari perilaku menghina teman
7.3        Menunjukkan akibat perilaku mengejek dan menghina teman
Fiqih
8.    Mengenal ketentuan-ketentuan shalat

8.1        Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
8.2        Menyebutkan rukun shalat
8.3        Menyebutkan sunnah shalat
8.4        Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
V (LIMA)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.    Membaca dan menghafal Al-Qur’an Surat Al-Humazah dan  Surat Al-Ashr

1.1      Membaca Al-Qur’an surat Al-Humazah dan  Surat Al-Ashr sesuai kaidah tajwid
1.2      Menulis Al-Qur’an surat Humazah dan Al-Ashr dengan benar
1.3      Menghafal Al- surat Al-Humazah dan  Surat Al-Ashr dengan lancar.
Aqidah
2.    Mengenal Kitab-Kitab Allah SWT

2.1        Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan rasul yang menerimanya
2.2        Menjelaskan Al-Qur’an Sebagai kitab suci terakhir
2.3        Meyakini Al-Qur’an Sebagai pedoman hidup ummat Islam
Akhlak
3.      Membiasakan perilaku  tolong-menolong pada  kehidupan sehari-hari

3.1  Menunjukkan contoh perilaku tolong- menolong
3.2        Menampilkan perilaku tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
4.    Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan

4.1        Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
4.2        Menjelaskan hikmah puasa Ramadhan
4.3        Mengamalkan puasa Ramadhan
Sejarah Peradaban Islam
5.    Memahami Sirah Nabawiyah

5.1        Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
5.2        Menceritakan kisah masa kanak-kanak sampai masa remaja Nabi Muhammad SAW
5.3        Meneladani Sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW

SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
V (LIMA)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
        Al-Qur’an
6.    Membaca dan menghafal Al-Qur’an  surat Al-At-Takatsur


6.1  Membaca Al- surat Al-At-Takatsur  sesuai kaidah tajwid
6.2  Menulis ayat-ayat Al-Qur’an surat At-Takatsur  dengan benar
6.3Menghafal  surat Al-At-Takatsur  dengan lancar
Aqidah
7.    Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT

7.1        Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2        Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul Allah SWT
7.3        Membedakan Nabi dan Rasul Allah SWT
Akhlak
8.    Membiasakan meneladani sifat pengorbanan  Nabi Ibrahi dan Nabi Ismail dalam kehidupan sehari-hari

8.1  Menjelaskan makna rela berkorban          
8.2  Meneladani perilaku rela berkorban Nabi Ibrahim As. dan Nabi Ismail As. dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
9.    Melaksanakan amalan-amalan Ramadhan

9.1        Menyebutkan amalan-amalan di bulan Ramadhan
9.2        Melaksanakan shalat tarawih dan witir di bulan Ramadhan
9.3        Melaksanakan tadarus Al-Qur’an
Sejarah Peradaban Islam
10. Memahami Sirah Nabawiyah

10.1      Menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul
10.2      Menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dari hijrah ke Madinah sampai akhir hayat
10.3      Meneladani Sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW
SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
VI (ENAM)

SEMESTER
:
1 (Satu)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
1.    Memahami  Al-Qur’an  ayat-ayat  pilihan

1.1    Membaca Al-Qur’an Surat Al-Alaq  ayat 1-5 dan Al Isra’ ayat  23 dengan  tajwid  yang benar
1.2    Menulis  Al-Qur’an Surat Al- Alaq  ayat 1-5 dan Al Isra’ ayat  23 dengan benar
1.3    Menyebutkan arti Al-Qur’an Alaq  ayat 1-5  dan  Al Isra’ ayat 23 dengan benar
Aqidah
2.    Meyakini adanya Hari Akhir

2.1     Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2     Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
2.3     Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Akhlak
3.    Membiasakan perilaku bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari

3.1        Menjelaskan  makna toleransi dalam kehidupan 
3.2        Menunjukkan contoh perilaku toleran dalam kehidupan
3.3        Menampilkan sifat perilaku toleran dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
4.    Melaksanakan zakat, infaq, dan shadaqah

4.1        Menyebutkan pengertian zakat, infaq, danshadaqah
4.2        Menjelaskan hikmah zakat, infaq, danshadaqah
4.3        Mempraktikkan zakat, infaq, dan shadaqah

SATUAN PENDIDIKAN
:
SD / MI

KELAS
:
VI (ENAM)

SEMESTER
:
2 (Dua)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Al-Qur’an
5.    Memahami  al-Qur’an ayat-ayat pilihan

5.1  Membaca Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3  dan Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan  tajwid yang  benar  
5.2  Menyalin Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13dengan  tajwid yang benar
5.3  Menyebutkan arti Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan benar  
5.4  Membaca Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3  dan Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan  tajwid yang  benar  
5.5  Menyalin Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13dengan  tajwid yang benar
5.6  Menyebutkan arti Al-Qur’an Surat Al-Ma’idah (5): 3 Surat Al-Hujurat ayat 13 dengan benar  
Aqidah
6.    Meyakini adanya Qadha dan Qadar Allah SWT

6.1        Menunjukan contoh Qadha dan Qadar Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari
6.2      Menampilkan perilaku yang mencerminkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar Allah SWT
Akhlak
7.    Membiasakan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari

7.1        Menjelaskan arti sikap simpati terhadap teman
7.2        Menunjukkan contoh perilaku simpati terhadap teman
7.3        Membiasakan perilaku simpati terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih
8.    Memahami Ibadah haji dan umrah

8.1        Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
8.2      Memperagakan ibadah haji dan umrah



1.6.     Pengembangan Pembelajaran

Standar kompetensi mata pelajaran (SKMP), standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) menjadi landasan, arah dan acuan untuk mengembangkan pembelajaran berdasarkan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Isi dan standar kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah/madrasah/pesantren dikembangkan lebih lanjut oleh Kementerian Agama RI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar